Komputer kampus

Anda sedang di : HomeWebsite › Tips Mengetahui Username dan Password Tersimpan di Firefox pada windows dan linux

Artikel Berdasarkan Tag   hacking     cms lokomedia     google     template     email     materi kuliah     ubuntu     backtrack 5     windows xp     windows 7     database     visual basic     foxpro     opensuse     netbeans     STMIK Indonesia     domain     hosting     SEO     adsense     HTML     CSS     Javascript     PHP     lainnya     bisnis online     tips dan trik     internet     tutorial     hiren boot cd     virtualbox     flashdisk     facebook     website     cracking    

Tips Mengetahui Username dan Password Tersimpan di Firefox pada windows dan linux

Diposting oleh : M.Najamudin Ridha
Rabu, 04 April 2012 - 14:39:03 WIB - Kategori: Website - Dibaca: 30221 kali

Baiklah kali ini saya ingin berbagi tips lagi, masih seputar username dan password, sebelumnya sudah di bahas bagaimana mengetahui input password yang terhidden dengan bantuan javascript, artikel lengkapnya bisa anda liat disini. dan sekarang kita akan coba cara lain yang hampir mirip dengan cara sebelumnya, yaitu cara mengetahui input password yang tersimpan di firefox, sebagian dari kawan-kawan menyebutnya hacking ataupun cracking, namun menurut saya ini bukan hacking, hanya sebuah tips dan trik saja, mungkin jika dikembangkan lagi dengan membuat tools/cara yang mampu memicu/merekam secara otomatis setiap password yang tersimpan di firefox ala keylogger bisa disebut cracking ataupun hacking (saya juga kurang begitu tau hacking yang sebenarnya :))

Segitu dulu basa basinya, sekarang sepaya lebih jelas maksud dari postingan saya ini, akan saya contohkan kasus yang akan menyimpan password dan usernamenya, jika kawan-kawan sudah tau ga papa ya, ini hanya sekedar berbagi pengetahuan saja, walaupun triknya sudah banyak yang bahas, siapa tau bisa bermanfaat buat rekan-rekan yang lain. berikut contoh form login yang memerlukan input username dan password :

Tips Mengetahui Username dan Password Tersimpan di Firefox pada windows dan linux

Gambar di atas hanya salah satu contoh form login saja, semua form login lainnya juga sama, seperti form login facebook, twitter, google mail, paypal dan lainnya yang mempunyai form login juga tetap akan bisa kita coba, setelah anda mengklik tombol "login" seperti gambar di atas maka akan tampil notifikasi di firefox seperti gambar berikut :

Tips Mengetahui Username dan Password Tersimpan di Firefox pada windows dan linux

Jika anda mengklik remember atau tidak sengaja mengklik remember maka password dan username anda akan tersimpan di firefox, dan anda tidak perlu susah payah untuk melihat password dan username yang tersimpan, hanya beberapa langkah anda akan mengetahuinya, akan sangat berbahaya jika yang tersimpan adalah data login akun paypal ataupun data netbanking anda, berikut cara mengetahui password yang tersimpan di firefox.

ada dua jenis firefox yang saya pernah coba yaitu di windows dan di linux, dan ternyata cara untuk mengetahui isi passwordnya berbeda, akan saya uraikan satu-satu, yang pertama untuk windows, pilih tool pada menu bar, dan kemudian pilih Page Info seperti gambar dibawah ini :

Tips Mengetahui Username dan Password Tersimpan di Firefox pada windows dan linux

Ada beberapa settingan yang anda bisa gunakan di page info ini, karena kita membahas mengenai cara mengetahui password yang tersimpan saja, maka pembahasan hanya itu saya, untuk settingan lain silahkan anda pelajari ya.. :), kemudian pilih tab security seperti gambar dibawah ini :

Tips Mengetahui Username dan Password Tersimpan di Firefox pada windows dan linux

Setelah itu klik tombol view saved passwords seperti pada gambar di atas, maka akan tampil jendela yang menginformasikan username dan password yang tersimpan, anda hanya perlu mengklik tombol show password dan konfirmasi, maka hasilnya seperti gambar dibawah ini :

Tips Mengetahui Username dan Password Tersimpan di Firefox pada windows dan linux

Nah disana ada satu password yang tersimpan. gimana? ternyata passwordnya juga terlihat tanpa ada konversi karakter lain. sampai disini anda sudah sukses mengetahui password yang tersimpan, namun untuk firefox di linux sedikit berbeda bukan pada page info tetapi pada preferences yang terletak di preferences caranya bisa anda liat seperti gambar berikut ini :

Tips Mengetahui Username dan Password Tersimpan di Firefox pada windows dan linux

Setelah anda klik preferences maka cara berikutnya sama seperti pada cara di windows, sekian dulu tips kali ini, tips terakhir yang akan saya sampaikan jangan pernah mencoba untuk remember password anda, karena akan sangat mudah di lihat, apalagi komputer yang anda gunakan merupakan komputer umum, so berhati-hatilah :)




    Via FeedBurner
Cara installasi CMS Lokomedia 1.5.7 di Linux (debian, ubuntu, mint, backtrack 5) dengan Xampp/Lampp
Sudah lama ga posting mengenai cms lokomedia, sebetulnya untuk cara installasi cms lokomedia di ..
Tips Mengetahui Input Type Password di Firefox dengan Javascript
Sudah lama ga update postingan di komputerkampus.com, kali ini saya coba berbagi tips lama, ..
Cara upload website (ex. cms lokomedia dll) dengan FTP filezilla Client
Bicara soal website tentu terbayang di benak kita, bagaimana cara membuatnya? bagaimana cara ..
Cara install VLC di linux dan jalankan dalam mode root di backtrack 5 (debian/ubuntu)
Bagi yang sudah nonton maupun dengerin musik tentu sudah kenal dengan software pemutar file ..

Komentar Via Facebook :

7 Komentar via komputer kampus :

1

angshare
13 April 2012 - 09:42:28 WIB

makasih gan informasinya sangat bermanfaat

2

ridha
13 April 2012 - 12:54:29 WIB

sama2 gan...

3

lintang
14 April 2012 - 11:18:39 WIB

ternyata begitu ya, tidak pernah terkira sebelumnya,, hehe,, unrtunglah sayas elalu tidak menyimpan password di firefox demi keamanan,,

4

ridha
14 April 2012 - 13:42:03 WIB

ia mas lintang... hati2 lho,, soalnya keliatan tanpa di sensor.. :)

5

juned
01 Juli 2013 - 21:04:22 WIB

suwun Gan ... dah bagi" ilmune

6

ali
29 Agustus 2015 - 18:05:30 WIB

ok mas. cukup mudah buat di praktekkan makasih infonya
kalau untuk backup firefox kira2 caranya gimana ya mas. laptop saya windowsnya sudah bermasalah. mau install ulang tapi nantinya harus login satu2 bikin capek.

7

Barcode Scanner
10 Agustus 2017 - 16:26:23 WIB

Wah makasih infonya, berguna nih buat yang pake windows. Saya pake Mac dan gasering pake firefox, lebih ke safari. Karena ga ribet. Settingannya udah bawaan Apple. Apalagi banyak fitur juga bisa bantuin kerjaan saya kayak configuration guide generator buat barcode yang disupport sama Apple.


Form Komentar Via Komputer kampus :

Nama *
Email *
Web/blog
Komentar *
  Karakter yang masih tersedia.
Captcha *

Untuk menghindari kontak spam dan memastikan bahwa anda adalah seorang manusia, maka jawablah pertanyaan keamanan berupa foto sahabat disamping. Mohon maaf atas ketidak nyamanan ini

 

M Najamudin Ridha Kuliah di STMIK Indonesia Banjarmasin jurusan TI, mengenal internet di tahun 2009 yang saat itu cuma sekedar iseng-iseng bikin blog biasa, walaupun sebelumnya tidak suka membaca dan apalagi menulis (artikel) akhirnya mulai menyukai kedua hal tersebut.

Kategori Artikel


RSS Feed


Langganan RSS
komputerkampus.com


Cari Artikel



Statistik Web


Pengunjung hari ini : 260
Total pengunjung : 815758
Hits hari ini : 1060
Total Hits : 4759291
Pengunjung Online : 3

Poling


Apa OS yang anda gunakan ?
windows (xp, vista, 7, 8 dll)
linux (all distro linux)
Mac OS
OS Lain

    Lihat Hasil Poling

Link Sahabat


http://bukulokomedia.com
http://fadilcrows.blogspot.com
http://najamudin1.blogspot.com
http://nahdisnape.blogspot.com

Link Lainnya